13 Oktober, 2012

Quality Time Management – Cara mengatur waktu agar lebih efektif





Mengatur waktu merupakan suatu keahlian yang perlu untuk dimiliki oleh setiap orang di dalam bidang apapun baik sebagai pelajar, mahasiswa, professional ataupun pebisnis.

Sering sekali kita mendengar orang-orang mengeluh : “Kenapa hanya ada 24 jam sehari? Coba seandainya saja ada 36 atau 48 jam sehari tentu dunia akan menjadi lebih baik dan lebih banyak pekerjaan yang dapat diselesaikan”

Waktu adalah suatu anugrah di dalam hidup manusia dan setiap orang baik ia kaya ataup miskin, tua atau muda, pria ataupun wanita sama-sama meiliki waktu 24 jam dalam sehari. Ada sebuah pepatah mengatakan : perbedaan orang sukses dan gagal bukanlah pada banyaknya waktu yang mereka miliki (karena sama-sama memiliki 24 jam sehari), tapi pada bagaimana cara mereka menggunakan/mengatur waktunya dengan baik.

Berikut adalah 7 tips bagaimana kita bisa mengatur waktu kita untuk dapat lebih produktif di dalam hidup dan dapat memiliki waktu yang seimbang antara karier, keluarga, dan kesehatan tentunya (work life balance). Check it out ;)

1.      Awali dengan merencanakan dan mengatur
Kita harus mulai dengan merencanakan apa-apa yang akan kita kerjakan di dalam setiap periode yang dipecah ke dalam fase-fase dimulai dari 1 tahun, 6 bulan, 3 bulan, 1 bulan, 1 minggu dan 1 hari.
Ada sebuah pepatah berkata : “If You fail to plan, You plan to fail”.
Jika kita gagal atau bahkan tidak pernah sama sekali membuat perencanaan waktu yang akan kita gunakan untuk mencapai goal/tujuan kita maka dapat dipastikan kita akan gagal juga untuk menggunakan waktu secara efektif.
Buku agenda dapat membantu kita dalam hal merencanakan dan mengatur waktu agar dapat lebih efektif.

2.      Atur goal / tujuan hidup
Kita harus menemukan goal / tujuan hidup kita. Hal dimana kita mau dikenang sebagai apa ketika nanti kita meninggal. Saat seseorang memiliki tujuan hidup, tentu saja dia tidak akan menyia-nyiakan waktu di dalam hidupnya untuk hal-hal yang bukan menjadi goal / tujuan hidupnya.

3.      Atur prioritas
Selanjutnya kita harus mulai untuk mengatur prioritas-prioritas di dalam hidup kita. Ambil catatan pribadi kita dan mulai tulis secara berurutan apa yang paling menjadi prioritas dalam hidup kita secara sungguh-sungguh. Setelah itu jangan pernah ubah urutannya. Sebagai contoh prioritas keluarga di atas pekerjaan namun kita menukar urutannya.
Prioritaskan kepada hal-hal yang paling penting baru kemudian kepada hal-hal lainnya.
Di dalam pekerjaan pun kita atur hal-hal apa yang harus kita selesaikan segera sesuai dengan time line / tenggat waktu yang sudah ditentukan sebelumnya.

4.      Buat to do list / daftar pekerjaan
Setelah atur prioritas selanjutnya kita membuat to do list atau daftar hal-hal yang akan kita kerjakan per minggu dan per hari secara lebih mendetail. Pastikan juga target waktunya per poin. Ketika dalam prosesnya dirasa di 1 poin mulai terhambat segera alihkan ke poin berikutnya agar kerja kita dapat menjadi lebih efektif. Saat sudah selesai semua poin kita bisa kembali ke poin yang tadi kita terhambat. Jangan ragu untuk meminta pertolongan orang lain yang lebih ahli di bidang itu agar hasilnya maksimal.

5.      Jadilah fleksibel
Kita juga harus belajar fleksibel atas time line yang sudah kita buat. Ketika badan sudah terlalu lelah ada baiknya ambil waktu istirahat 10-15 menit. Memaksakan diri yang sudah terlalu lelah untuk menyelesaikan suatu pekerjaan hanya akan membuat pekerjaan semakin lambat terselesaikan dan hasilnya pun akan jauh lebih menurun dibandingkan saat mengerjakan dengan kondisi yang fit.

6.      Berani katakan tidak
Ini adalah seni yang cukup berharga untuk kita pelajari. Kita harus belajar berani mengatakan tidak ketika ada hal-hal / pekerjaan tidak terduga yang bisa kita tunda kerjakan atau dapat didelegasikan kepada orang lain. Contohnya : ketika kita telah memiliki janji dengan keluarga atau sahabat di suatu hari kerja dan kita sudah menyelesaikan semua pekerjaan kita di hari itu. Namun mendadak ada suatu tugas tak terduga yang akan diberikan kepada kita yang mana tugas itu dapat ditunda atau dikerjakan oleh orang lain. Di sini kita bisa belajar untuk mengatakan tidak karena ada prioritas lain yang harus kita lakukan di dalam penggunaan waktu kita (kembali lagi ke point 3 yang sebelumnya)

7.      Hargai diri kita
Ketika kita meraih keberhasilan baik itu kecil ataupun besar, berjanjilah untuk memberikan reward / hadiah kepada diri kita sendiri seperti memakan ice cream atau makan di tempat makan favorit. Ini akan membuat hidup kita lebih hidup karena memiliki hidup yang seimbang dan kita akan sungguh-sungguh menikmati setiap waktu yang ada di dalam hidup kita.

Dengan menerapkan 7 tips di atas maka kita akan benar-benar hidup dan tidak akan lagi mengeluh tentang kurangnya 24 jam dalam sehari karena kita tidak lagi hidup diatur atau dikejar-kejar oleh waktu, karena kitalah yang mengatur waktu sehingga 24 jam sehari dapat sungguh-sungguh digunakan secara maksimal untuk kelak mencapai sukses yang kita impikan :D
Rinardi Adinegara Barlim Ms SharePoint System Developer

God's partner that full of love in his life. Enjoy his life by distributed bless to another people that he meet. Now work as Microsoft SharePoint Developer :)

Tidak ada komentar :

Blog Stat